Panduan Pemasangan Google Analytics ditujukan agar Anda dapat dengan cepat membuat dan mengonfirmasikan kumpulan laporan yang berhasil untuk profil.
Langkah 1 - Membuat akun Google Analytics |
Catatan untuk pengguna AdWords: Google Analytics dapat mengimpor serta melacak data biaya dari Google AdWords jika akun AdWords dan Analytics Anda ditautkan. Harap masuk ke akun AdWords, lalu ikuti petunjuk pada laman Google Analytics dalam tab Laporan.
Untuk membuat akun Analytics:
Cara lainnya, klik Lanjut pada laman Petunjuk Pelacakan untuk mengakses akun baru Anda.
Untuk membuat akun Analytics:
- Kunjungi http://www.google.com/analytic
s/id-ID/. - Masukkan email dan sandi Akun Google Anda, lalu klik Masuk. Jika Anda belum memiliki Akun Google, klik Daftar sekarang untuk membuatnya.
- Klik Daftar.
- Masukkan URL Situs Web dan pastikan Anda memilih http:// atau https:// dari daftar tarik-turun. Masukkan nama julukan untuk akun ini dalam bidang Nama Akun, lalu klik Lanjut.
- Masukkan informasi kontak, lalu klik Lanjut.
- Baca Persyaratan Layanan Google Analytics. Jika Anda menyetujui persyaratan ini, centang kotak Ya, lalu klikBuat Akun Baru untuk melanjutkan.
Cara lainnya, klik Lanjut pada laman Petunjuk Pelacakan untuk mengakses akun baru Anda.
Langkah 2 - Mengonfirmasikan profil |
Profil harus dikonfigurasi untuk memaksimalkan laporan Anda. Untuk mengakses setelan profil:
Dengan menetapkannya ke laman bawaan (atau indeks) situs Anda, Google Analytics dapat menggabungkan entri log bagi, misalnya,www.ian-kasanova.blogspot.com dan www.ian-kasanova.blogspot.com.com/index.html. Kedua laman ini sebenarnya sama, namun dilaporkan sebagai dua laman berbeda hingga setelan Laman Bawaan dikonfigurasi.
Kecualikan Parameter Kueri URL
Apakah situs Anda menggunakan sesi dinamis atau pengidentifikasi pengguna? Anda dapat meminta Analytics untuk mengabaikan variabel ini dan tidak menghitungnya sebagai laman unik. Masukkan parameter kueri yang akan dikecualikan dan dipisahkan dengan tanda koma.
Situs Web E-Commerce
Untuk mengaktifkan laporan e-commerce dan kumpulan laporan Analisis E-Commerce, pilih Ya. Informasi lebih lanjut tentang laporan e-commerce tersedia di
- Dalam tabel Profil Situs Web, cari profil yang akan diedit.
- Klik Edit. Laman Setelan Profil akan muncul.
- Klik Edit dalam tabel Informasi Profil Situs Web Utama.
Dengan menetapkannya ke laman bawaan (atau indeks) situs Anda, Google Analytics dapat menggabungkan entri log bagi, misalnya,www.ian-kasanova.blogspot.com dan www.ian-kasanova.blogspot.com.com/index.html. Kedua laman ini sebenarnya sama, namun dilaporkan sebagai dua laman berbeda hingga setelan Laman Bawaan dikonfigurasi.
Kecualikan Parameter Kueri URL
Apakah situs Anda menggunakan sesi dinamis atau pengidentifikasi pengguna? Anda dapat meminta Analytics untuk mengabaikan variabel ini dan tidak menghitungnya sebagai laman unik. Masukkan parameter kueri yang akan dikecualikan dan dipisahkan dengan tanda koma.
Situs Web E-Commerce
Untuk mengaktifkan laporan e-commerce dan kumpulan laporan Analisis E-Commerce, pilih Ya. Informasi lebih lanjut tentang laporan e-commerce tersedia di
Langkah 3 - Mengedit kode pelacakan untuk konfigurasi situs web ubahsuaian |
Kode pelacakan yang tersedia bagi Anda dirancang agar berfungsi pada sebagian besar konfigurasi situs. Namun, terdapat beberapa skenario yang memerlukan sedikit pembaruan kode pelacakan pada setiap laman. Jika salah satu hal berikut sesuai dengan Anda, ikuti petunjuk untuk memperbarui kode sebelum menambahkannya ke laman.
Pelajari cara:
Pelajari cara:
- Melacak beberapa domain dalam satu profil (misalnya situs utama sekaligus situs penyimpanan yang aman)
- Melacak beberapa subdomain dalam satu profil
- Melacak beberapa nama lain domain
Menambahkan kode pelacakan ke laman
Google Analytics hanya melacak laman yang berisi kode pelacakan Google Analytics. Anda harus menambahkan kode ini ke setiap laman situs secara manual maupun melalui penggunaan penyertaan atau metode lainnya.
Untuk mengakses kode pelacakan:
Setelah menyelesaikan langkah ini, Google Analytics akan mulai mengumpulkan data lalu lintas. Data dapat dilihat dalam laporan dalam waktu 24 jam.
Situs yang diarahkan database - Sisipkan kode pelacakan ke laman index.php atau yang setara (misalnya, default.php, index.cfm).
Laman dengan frame - Laman web berisi frame akan menghasilkan beberapa tayangan laman: satu untuk laman frame (berisi tag FRAMESET atau IFRAME dalam kode HTML), dan yang lainnya untuk setiap laman yang ditampilkan dalam frame. Karenanya, tayangan laman mungkin sedikit meningkat. Meskipun laman di situs hanya muncul sebagai frame untuk laman lain, sebaiknya Anda tetap memberi tag kepada dengan seluruh kode pelacakan. Jika pengunjung membuka laman melalui mesin telusur atau tautan langsung dari situs lain dan laman tidak berisi kode pelacakan, maka informasi rujukan, kata kunci, dan/atau kampanye dari sumber akan hilang.
Sumber : Google Support
Google Analytics hanya melacak laman yang berisi kode pelacakan Google Analytics. Anda harus menambahkan kode ini ke setiap laman situs secara manual maupun melalui penggunaan penyertaan atau metode lainnya.
Untuk mengakses kode pelacakan:
- Masuk ke Google Analytics.
- Dari laman Setelan Analytics, cari profil yang akan Anda ambil kode pelacakannya. Harap perhatikan bahwa kode pelacakan adalah khusus profil.
- Dari kolom Setelan profil itu, klik Edit.
- Di bagian kanan atas kotak Informasi Profil Situs Web Utama, klik Periksa Status.
- Kode pelacakan dapat disalin dan ditempelkan dari kotak teks pada Petunjuk untuk menambahkan bagian pelacakan.
- <script src="http://www.google-analytics
Setelah menyelesaikan langkah ini, Google Analytics akan mulai mengumpulkan data lalu lintas. Data dapat dilihat dalam laporan dalam waktu 24 jam.
Situs yang diarahkan database - Sisipkan kode pelacakan ke laman index.php atau yang setara (misalnya, default.php, index.cfm).
Laman dengan frame - Laman web berisi frame akan menghasilkan beberapa tayangan laman: satu untuk laman frame (berisi tag FRAMESET atau IFRAME dalam kode HTML), dan yang lainnya untuk setiap laman yang ditampilkan dalam frame. Karenanya, tayangan laman mungkin sedikit meningkat. Meskipun laman di situs hanya muncul sebagai frame untuk laman lain, sebaiknya Anda tetap memberi tag kepada dengan seluruh kode pelacakan. Jika pengunjung membuka laman melalui mesin telusur atau tautan langsung dari situs lain dan laman tidak berisi kode pelacakan, maka informasi rujukan, kata kunci, dan/atau kampanye dari sumber akan hilang.
Sumber : Google Support